Seganas Apa Penyakit Kusta

Kusta dikenal juga dengan nama lain “Lepra” atau Penyakit Hansen. Penyakit ini menyerang kulit, sistem saraf perifer, selaput lendir pada saluran pernapasan atas dan mata. Penderita bisa mengalami mati rasa karena sistem sarafnya yang diserang. 

Bakteri penyebab kusta membutuhkan waktu 6 bulan hingga 40 tahun untuk berkembang di dalam tubuh, bukan waktu yang sebentar. Atau bisa saja tanda dan gejalanya muncul setelah bakteri menginfeksi tubuh penderita selama 2 hingga 10 tahun. 
foto: intisari-online.com
Gejala yang sering muncul pada penderita kusta adalah mati rasa. Perubahan suhu tubuh tidak bisa lagi dirasakan sehingga kehilangan sensasi sentuhan dan rasa sakit. Kemudian terjadinya pembesaran pembuluh darah yang biasa terjadi di sekitar siku dan lutut. Muncul luka tapi tidak terasa sakit dan kerusakan mata. Mata menjadi kering dan jarang berkedip, biasanya dirasakan sebelum muncul tukak yang berukuran besar.
Bakteri penyebab utama kusta bernama Mycobacterium leprae, bakteri ini tumbuh pesat pada bagian tubuh yang bersuhu dingin seperti tangan wajah dan kaki. Jenis bakteri ini hanya tumbuh berkembang dalam beberapa sel manusia dan hewan tertentu. Penularannya melalui cairan dari hidung yang menyebar ke udara ketika penderita batuk atau bersin.
Kunjungi Juga: www.meraatdanesh.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »