Tata cara mengikuti meeting


Meeting atau pertemuan dengan rekan bisnis merupakan hal yang lumrah dilakukan. Meeting biasanya dilakukan untuk mencapai suatu kesepakatan atau membahas tentang berbagai hal yang perlu dibicarakan. Pentingnya meeting membuat segalanya perlu dipersiapkan dengan matang. Mulai dari perlengkapan seperti kursi meeting hingga manner atau etika saat menghadiri meeting tersebut. Lalu, bagaimana etika yang sebaiknya diterapkan dalam sebuah meeting? Pada artikel sebelumnya telah diulas berbagai etika yang sebaiknya Anda terapkan saat mengadakan pertemuan dan berikut ini beberapa etika lainnya yang perlu Anda perhatikan saat mengadakan pertemuan dengan rekan bisnis Anda.

Gunakan pakaian yang sopan dan sesuai dengan acara
Pakaian merupakan ciri bagaimana sikap Anda dihadapan orang-orang. Jika acara meeting yang Anda jalani memiliki kesan formal, maka sebaiknya datanglah dengan menggunakan pakaian yang formal. Sementara itu, jika dresscode yang digunakan adalah casual maka gunakanlah pakaian yang casual dan sesuai dengan arahan sebelum meeting tersebut berlangsung. Dengan menggunakan pakaian yang sopan dan sesuai, Anda akan terlihat professional dan kredibilitas Anda dihadapan para rekan-rekan Anda dapat terjaga dengan baik

Selain itu, satu hal lainnya yang perlu Anda perhatikan mengenai pakaian adalah jangan pernah melakukan meeting dengan menggunakan pakaian santai seperti tshirt. Jika acara meeting yang dilangsungkan membebaskan Anda untuk menggunakan pakaian apapun. Namun, tetap saja sebaiknya hindari penggunaan tshirt karena akan menimbulkan eksan tidak professional pada diri Anda.

Cegah peserta meeting meninggalkan ruangan lebih dulu
Tak hanya soal pakaian, Anda juga sebaiknya melakukan upaya pencegahan ketika ada salah satu peserta meeting yang meninggalkan ruangan tanpa alasan yang jelas. Ya, suasana meeting yang tidak kondusif kerap kali membuat peserta meeting beranjak dari kursi meeting rapat dan memutuskan untuk meninggalkan ruangan atau walkout. Pada saat momen ini, Anda dapat menunjukkan kesan baik dengan berusaha mencegah peserta rapat tersebut keluar ruangan. Jika Anda berhasil melakukan hal tersebut maka kesan baik akan tercipta kepada Anda nantinya.


Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »